Lanjut lagi mas bro untuk mengenal lebih dekat lagi njeroan motor kesayangan kita Yamaha F1ZR alias motor 2 stroke (2 tak), artikel ini bersumber dari motomodif-world.blogspot.com. semoga bertambah lagi wawasan atau pengetahuan tentang mesin 2 tak. Kalau sudah tahu alur mesinnya bisa untuk belajar korek mengorek mas bro…
Langkah kompresi dan langkah hisap
Pada langkah ini dalam motor 2 tak terjadi 2 aksi berbeda yang terjadi secara bersamaan yaitu aksi kompresi yang terjadi pada ruang silinder atau pada bagian atas dari piston dan aksi hisap yang terjadi pada ruang engkol atau pada bagian bawah piston.
Sedangkan yang terjadi dalam langkah ini adalah :
- Torak bergerak dari TMB (titik mati bawah) ke TMA (titik mati atas).
- Pada saat saluran pembiasan tertutup mulai dilakukan langkah kompresi pada ruang silinder.
- Pada saat saluran hisap membuka maka campuran udara dan bensin akan masuk ke dalam ruang engkol.
Langkah usaha dan buang
Dan pada langkah ini terjadi langkah usaha dan buang yang terjadi pada saat yang tidak bersamaan, jadi langkah usaha dahulu barulah setelah saluran pembiasan dan saluran buang terbuka terjadi langkah buang.
Yang terjadi dalam langkah ini adalah :
- Sebelum piston mencapai TMA (titik mati atas), busi akan memercikan bunga api listrik sehingga campuran udara dan bahan bakar akar terbakar dan menyebabkan timbulnya daya dorong terhadap piston, sehingga piston akan bergerak dari TMA (titik mati atas) ke TMB (titik mati bawah).
- Sesaat setelah saluran hisap tertutup dan saluran bias serta saluram buang membuka maka campuran udara dan bahan bakar yamg berada diruang engkol akan mendorong gas sisa hasil pembakaran melalui saluran bias ke saluran buang.
Begitulah kinerja mesin 2 tak, kenapa motor 2 tak itu tarikannya bisa gahar, karena proses geraknya tidak serumit motor 4 tak.
Sumber :
http://motomodif-world.blogspot.com/2009/01/langkah-kerja-motor-bensin-2-tak.html
0 komentar:
Posting Komentar