Pertama yang dilakukan adalah ganti kampas rem dan bersih2 piston, dicuci air tanpa dibongkar. Hasilnya tidak significant, tetap bablas.
Kedua, pada bulan berikutnya dilakukan pengantian disc rem, disc rem usia 14 tahun sudah tak rata, terdapat banyak kanal-kanal. Disc rem diganti dan kampas rem diratakan/dihaluskan. Hasilnya tidak significant, tetap bablas. Hahahahahahaha.
Ketiga, bulan selanjutnya sabtu 12-9-2015 bongkar piston rem, bersih2 dan ganti o-ringnya(sambil ganti ban tubeless, shock depan, kamps kopling dsb). Sebelumnya saya konsultasi dgn teman yg mekanik di bengkel motor, disarankan ganti o-ring dan atau selang flexibel. Master rem atas juga dibongkar, dibersihkan, Hasilnya tidak significant, tetap bablas. Hahahahahahaha.
Sebetulnya saat servis ini saya sudah beli master rem atas KW merek OSK di Diar tapi lupa dibawa. Jadi dirumah pada keesokan harinya saya bongkar sendiri dan ganti sendiri masternya.
Hasilnya ajibbb.. langsung pakem jet. Padahal pakai kampas kw 20 rb-an tuh, bukan yang ori 70-80 rb. Sebetulnya sudah lama saya curiga dengan master rem atas ini. Yang saya pakai memang kw merek blemboo harga 60 rb, beli di prambanan motor. Yang ori saya ganti gara2nya karena berulang kali jebol dan bocor. Kemudian teringat pengalaman di motuba, kadang master rem kw yang ukurannya sama persis dengan ori pun sering tak pakem. Dari situ jadi terpikir ttg master rem kw blemboo ini.
Datang ke dealer yamaha menanyakan master rem atas ori... alamakkkk harganya 600 rb, murah sebetulnya dibanding dengan master rem motuba ori yg miminal 2 jt wakakakka. Sementara cari master rem ori yang lama, dicari2 di rumah entah dimana. Kemudian jumat 11-9-2015 saya beli ban di diar motor cimindi, iseng2 nanyain master rem atas f1zr. Eh ada yg kw merek OSK cuman 45 rb, okelah spekulasi. Ternyata benar spekulasinya.. maknyuss hasilnya. Pelajarannya selalu gunakan master rem atas yng ori, simpan baik-baik bila tidak diganti.
0 komentar:
Posting Komentar