Responsive Banner design
Home » » Tenaga Ngepos ?? Faktor Dari Kenalpot ??.. Ini Jawabanya

Tenaga Ngepos ?? Faktor Dari Kenalpot ??.. Ini Jawabanya

Faktor penyebab tenaga rx king ngempos atau tenaga berkurang.. 

So..mari kita mengenal bagian-bagian knalpot enjin dua lejang.. 

 itu ada bagian header nyang nempel sama lubang kenalpot di silinder head..
..
Disitu ada packing ..kepala header..ama baut dan mur pengikat kenalpot pada silinder head.. 

 

 

Biasanya disana ada rembesan oli samping.. pertanda demikian alamat buruk masbro..
Pertanda sirkulasi gasbuang udah ada kebocoran..rasanya tenaga motor ngempos..
..
Memang.. dalam konteks begini..
Dikatakan ngempos karena kebocoran sistem gasbuang..efek dirasakan ngempos(walau sedikit)
Karena untuk menutupi gas nyang merobos, RPM dituntut lebih tinggi agar tercipta tenaga optimalnya.. rpm nyang tinggi tersebut ternyata mengcover kebocoran itu.. sehingga tercipta sirkulasi gasbuang nyang sempurna..
..
Seperti nyang saya alami kemarin, entah karena desain kenalpot atau baut pemegang yg sudah miring.. sehingga di area itu ada rembesan oli..sayup2 saya menangkap suara kenalpot yg merembes di header..tenaga pun berkurang,.alhasil setelah perbaikan dan bongkar pasang..ternyata hasilnya signifikan masbro..
Pada percobaan kecepatan dinihari (safety bro)..
Pada track lurus yg sama kecepatan pada saat belum di betulin adalah 140km/jam..setelah di betulin ternyata sanggup 160km/jam (speedometer) cukup lumayan kan 20km/jam
..
Saya katakan cukup signifikan..perubahanya cukup besar..
..tidak hanya ninja 150 saja,karena seluruh motor dua tak,kenalpotnya selalu mempunyai sistem ”tendangan balik”..gas segar yg lolos terbuang ke knalpot,dikembalikan lagi ke ruang bakar (ke silinder)..”tendangan balik” ini juga berfungsi menyumat agar air gas flow (campuran bbm dan udara) dari hisapan piston bisa mampat di ruang bakar (chamber) dan tidak lolos ke exhaust port (lubang gas buang).  

 

Demikian semoga bermanfaat dan jangan lupa share ke yang lain ya.

 

sumber >>> https://babad150f.wordpress.com

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.